Iklan adalah wadah promosi dari sebuah brand atau merek untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Tentunya dalam membuat iklan tidak boleh sembarangan karena ada formula tertentu dalam iklan, dan yang paling umum digunakan adalah formula AIDA dan AIDCA.
Lalu apakah itu formula AIDA dan AIDCA dalam iklan?
1. Formula AIDA
AIDA adalah salah satu formula copywriting tertua. Seperti rumus di atas, formula ini meminta penulis untuk :
- mendapatkan perhatian pembaca dengan tulisan persuasif (attention)
- menarik minat pembaca pada produk atau layanan terkait (interest)
- membuat pembaca menginginkan produk atau layanan (desire)
- meminta pembaca untuk mengambil tindakan (action)
Contohnya Seperti
Iklan yang dibuat ini menggunakan formula AIDA yaitu ;
- Attention : harga murah karena diskon 50%
- Interest : Produk keluaran terbaru edisi ramadhan
- Desire : "new fragrance for Eid Al-Fitr" yang berarti wangi baru untuk hari raya idul fitri
- Action : Order sekarang
Sama seperti formula AIDA, formula AIDCA ini menambahkan "Conviction" pada formulanya yang berarti "Conviction" diartikan sebagai unsur yang memberikan keamanan produk dengan garansinya. Seperti pada contoh iklan dibawah ini;
Iklan yang dibuat ini menggunakan formula AIDCA yaitu
- Attention : harga murah karena diskon
- Interest : Melembabkan udara, menyegarkan ruangan, dan membuat rileks
- Desire : Special ramadhan dan dapat gift untuk 10 pembeli pertama
- Conviction : Berstandar SNI dan garansi satu tahun
- Action : Beli Sekarang
Itulah penjelasan ringkas tentang Formula Copywriting pada iklan yang biasa digunakan dalam media.
Komentar
Posting Komentar