Langsung ke konten utama

Iklan Media "Formula AIDA dan AIDCA Dalam Iklan"

Iklan adalah wadah promosi dari sebuah brand atau merek untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Tentunya dalam membuat iklan tidak boleh sembarangan karena ada formula tertentu dalam iklan, dan yang paling umum digunakan adalah formula AIDA dan AIDCA.

Lalu apakah itu formula AIDA dan AIDCA dalam iklan?


1. Formula AIDA

AIDA adalah salah satu formula copywriting tertua. Seperti rumus di atas, formula ini meminta penulis untuk :

  • mendapatkan perhatian pembaca dengan tulisan persuasif (attention)
  • menarik minat pembaca pada produk atau layanan terkait (interest)
  • membuat pembaca menginginkan produk atau layanan (desire)
  • meminta pembaca untuk mengambil tindakan (action)

Contohnya Seperti



Iklan yang dibuat ini menggunakan formula AIDA yaitu ;

  • Attention : harga murah karena diskon 50%
  • Interest : Produk keluaran terbaru edisi ramadhan
  • Desire : "new fragrance for Eid Al-Fitr" yang berarti wangi baru untuk hari raya idul fitri
  • Action : Order sekarang 


2. Formula AIDCA

Sama seperti formula AIDA, formula AIDCA ini menambahkan "Conviction" pada formulanya yang berarti "Conviction" diartikan sebagai unsur yang memberikan keamanan produk dengan garansinya. Seperti pada contoh iklan dibawah ini;


Iklan yang dibuat ini menggunakan formula AIDCA yaitu

  • Attention : harga murah karena diskon
  • Interest : Melembabkan udara, menyegarkan ruangan, dan membuat rileks
  • Desire : Special ramadhan dan dapat gift untuk 10 pembeli pertama
  • Conviction : Berstandar SNI dan garansi satu tahun
  • Action : Beli Sekarang 

Itulah penjelasan ringkas tentang Formula Copywriting pada iklan yang biasa digunakan dalam media.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Karakter Media Massa (Emina Cosmetics)

  Hallo teman-teman.... Setelah kemarin aku bikin press release dari brand Emina, sekarang aku bakal menganalisis   karakter media massa dari salah satu brand kosmetik Indonesia, yaitu dari Emina. Emina adalah brand kosmetik yang telah berdiri sejak tahun 1995 dan berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI). Didirikan oleh Nurhayati Subakat yang saat ini menjabat sebagai komisaris PT. PTI, brand kosmetik halal ini juga selalu berusaha mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita tampil cantik sesuai karakternya masing-masing. Yuk mulai analisis nya.. Jenis Media Massa Jenis media massa yang dipakai pada brand lokal ini adalah website dan instagram. Pada website bisa mengunjungi situs https://www.eminacosmetics.com/ dan akun instagram @eminacosmetics .   Kebijakan Media Kebijakan media pada Emina Cosmetics adalah dengan mengutamakan fungsi sebagai perawatan atau skincare pada usia remaja. Terbukti dari ke...