Kegiatan Media Relations
Media relations merupakan bentuk strategi komunikasi seorang Public Relations professional dalam menjaga hubungan dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media amatlah penting bagi seorang Public Relations. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan selain itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi. Saat ini media merupakan acuan public untuk bergerak dan bertindak, publik seolah digiring oleh media untuk berperilaku sesuai dengan isu yang ada. Pasalnya Jika media menggiring publik ke arah yang negative maka hal ini akan membawa dampak yang kurang menguntukan bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Jika media menggiring kearah yang positif maka ini akan meningkatkan reputasi perusahaan. Sehingga penting sekali bagi Public Relations professional untuk menjalin hubungan baik dengan media.
Di era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, menurut Saya kegiatan media relations yang menjadi sangat diuntungkan pihak organisasi/perusahaan adalah press release dan special event.
Press release dilakukan untuk sarana publikasi melalui perantara dari perusahaan-perusahaan media. Press release tersebut dapat berupa informasi terkait suatu isu mengenai perusahaan, maupun keikutsertaan perusahaan dalam sebuah event. Press Release merupakan kegiatan media relations yang berbentuk tulisan. Siaran pers menyediakan wartawan dengan subsidi informasi yang berisi dasar-dasar yang diperlukan untuk mengembangkan berita. Siaran pers dapat mengumumkan berbagai berita, seperti acara-acara terjadwal, promosi pribadi, penghargaan, produk dan layanan baru, penjualan dan data keuangan lainnya, prestasi, dll.
Special Event adalah kegiatan khusus yang dilakukan oleh perusahaan pada sebuah acara. Salah satu contohnya adalah keikutsertaan perusahaan pada sebuah acara sebagai pihak sponsorship yang mendukung ataupun mendanai acara tersebut, sehingga pada akhirnya dapat masuk ke dalam berita yang dimuat oleh media mengenai acara tersebut. Menyelenggarakan acara atau kegiatan khusus (Special Event) dalam Public Relations merupakan salah satu kiat untuk menarik perhatian media pers dan publik terhadap perusahaan atau produk tertentu yang akan ditampilkan dalam acara tersebut.
Kunci dari kegiatan media relations adalah konsistensi. Public Relations harus selalu memberikan informasi kepada media secara rutin dan haruslah sering mengadakan pertemuan untuk sekedar sharing santai. Hal ini penting dilakukan karena media akan selalu menginginkan informasi setiap hari setiap saat. Konsistensi juga diperlukan dalam konten publikasi agar tidak membosankan.
Komentar
Posting Komentar