Langsung ke konten utama

Kegiatan Media Relations

 

Kegiatan Media Relations

 

Media relations merupakan bentuk strategi komunikasi seorang Public Relations professional dalam menjaga hubungan dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media amatlah penting bagi seorang Public Relations. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan selain itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi. Saat ini media merupakan acuan public untuk bergerak dan bertindak, publik seolah digiring oleh media untuk berperilaku sesuai dengan isu yang ada. Pasalnya Jika media menggiring publik ke arah yang negative maka hal ini akan membawa dampak yang kurang menguntukan bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Jika media menggiring kearah yang positif maka ini akan meningkatkan reputasi perusahaan. Sehingga penting sekali bagi Public Relations professional untuk menjalin hubungan baik dengan media.

 

Di era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, menurut Saya kegiatan media relations yang menjadi sangat diuntungkan pihak organisasi/perusahaan adalah press release dan special event. 

 

Press release  dilakukan untuk sarana publikasi melalui perantara dari perusahaan-perusahaan media. Press release tersebut dapat berupa informasi terkait suatu isu mengenai perusahaan, maupun keikutsertaan perusahaan dalam sebuah event. Press Release merupakan kegiatan media relations yang berbentuk tulisan. Siaran pers menyediakan wartawan dengan subsidi informasi yang berisi dasar-dasar yang diperlukan untuk mengembangkan berita. Siaran pers dapat mengumumkan berbagai berita, seperti acara-acara terjadwal, promosi pribadi, penghargaan, produk dan layanan baru, penjualan dan data keuangan lainnya, prestasi, dll.

 

Special Event adalah kegiatan khusus yang dilakukan oleh perusahaan pada sebuah acara. Salah satu contohnya adalah keikutsertaan perusahaan pada sebuah acara sebagai pihak sponsorship yang mendukung ataupun mendanai acara tersebut, sehingga pada akhirnya dapat masuk ke dalam berita yang dimuat oleh media mengenai acara tersebut. Menyelenggarakan acara atau kegiatan khusus (Special Event) dalam Public Relations merupakan salah satu kiat untuk menarik perhatian media pers dan publik terhadap perusahaan atau produk tertentu yang akan ditampilkan dalam acara tersebut.

Kunci dari kegiatan media relations adalah konsistensi. Public Relations harus selalu memberikan informasi kepada media secara rutin dan haruslah sering mengadakan pertemuan untuk sekedar sharing santai. Hal ini penting dilakukan karena media akan selalu menginginkan informasi setiap hari setiap saat. Konsistensi juga diperlukan dalam konten publikasi agar tidak membosankan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Karakter Media Massa (Emina Cosmetics)

  Hallo teman-teman.... Setelah kemarin aku bikin press release dari brand Emina, sekarang aku bakal menganalisis   karakter media massa dari salah satu brand kosmetik Indonesia, yaitu dari Emina. Emina adalah brand kosmetik yang telah berdiri sejak tahun 1995 dan berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI). Didirikan oleh Nurhayati Subakat yang saat ini menjabat sebagai komisaris PT. PTI, brand kosmetik halal ini juga selalu berusaha mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita tampil cantik sesuai karakternya masing-masing. Yuk mulai analisis nya.. Jenis Media Massa Jenis media massa yang dipakai pada brand lokal ini adalah website dan instagram. Pada website bisa mengunjungi situs https://www.eminacosmetics.com/ dan akun instagram @eminacosmetics .   Kebijakan Media Kebijakan media pada Emina Cosmetics adalah dengan mengutamakan fungsi sebagai perawatan atau skincare pada usia remaja. Terbukti dari ke...