Langsung ke konten utama

CONTOH PRESS RELEASE

Hallo teman-teman kali ini saya akan sedikit membahas tentang mata kuliah saya yaitu Media Relation sebagai aktivitas PR didalam mata kuliah tersebut membahas tentang media relation, dan kami juga di ajarkan untuk membuat press release. Mari kita bahas..

 

Apa itu media relation?

*    Usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi atau perusahaan yang bersangkutan (Frank Jefkins, 2000:98).

*    Lawrence & Dennis L.Wilcox mengemukakan konsep publisitas sebagai informasi yang tidak perlu membayar ruang-ruang pemberitaan/penyiaran dan tidak dapat dikontrol oleh perusahaan yang memberi informasi.

Bentuk publikasi adalah sebagai berikut;

o   Berita rutin: pengumuman pertemuan, konferensi, pameranseni, pelatihan, pernyataan perusahaan mengenai akuisisi, perubahan dan pergantian personel 

o   Features: aktivitas sosial perusahaan

o   Artikel yang berkaitan mengenai wacana yang akan digulirkan organisasi untuk memperoleh tanggapan publik dan mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan tertentu.

 

Dari ketiga diatas Press Release juga termasuk bentuk publikasi melalui media massa untuk masyarakat luas. Tapi apa yang  dimaksud dengan press release?  

Menurut Forbes, sederhananya, press release adalah alat yang digunakan untuk publikasi. Namun, lebih jauh, press release juga bisa dilihat sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada publik. Lazimnya, press release akan dihadirkan oleh perusahaan ketika ada event tertentu yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Berikut ini saya akan contohkan bentuk press release yang juga merupakan salah satu tugas dari  Media Relation ini.

 


















press release yang saya buat adalah dari salah satu brand kosmetik di Indonesia yang banyak digandrungi remaja saat ini. Emina adalah salah satu brand kosmetik yang terkenal dan mempunyai ciri khas sebagai kosmetik yang dibuat untuk remaja.

Itulah hasil dari press release yang saya buat semoga dapat dimengerti. Terimakasih


 

 

Nama : Lily Rusmita

NPM : 13819410

Kelas : 2MA18

Fakultas  Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Karakter Media Massa (Emina Cosmetics)

  Hallo teman-teman.... Setelah kemarin aku bikin press release dari brand Emina, sekarang aku bakal menganalisis   karakter media massa dari salah satu brand kosmetik Indonesia, yaitu dari Emina. Emina adalah brand kosmetik yang telah berdiri sejak tahun 1995 dan berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI). Didirikan oleh Nurhayati Subakat yang saat ini menjabat sebagai komisaris PT. PTI, brand kosmetik halal ini juga selalu berusaha mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita tampil cantik sesuai karakternya masing-masing. Yuk mulai analisis nya.. Jenis Media Massa Jenis media massa yang dipakai pada brand lokal ini adalah website dan instagram. Pada website bisa mengunjungi situs https://www.eminacosmetics.com/ dan akun instagram @eminacosmetics .   Kebijakan Media Kebijakan media pada Emina Cosmetics adalah dengan mengutamakan fungsi sebagai perawatan atau skincare pada usia remaja. Terbukti dari ke...